STOP SMOKING NOW... Inilah beberapa efek buruk merokok

Cantik dengan herbal

Thursday, April 10, 2008

Buta

Oleh Muhammad Badrushshalih

BUTA WARNA
Buta warna merah hijau. Bila sekelompok kerucut warna hilang dari mata orang tersebut tidak dapat membedakan beberapa warna dari warna-warna lainnya. Jika kerucut merah hilang, cahaya dengan panjang gelombang 525 dan 625 milimikron hanya dapat merngsang kerucut yang peka terhadap warna hijau, sehingga rasio perangsangan berbagai kerucut tidak berubah ketika warna berubah warna seluruhnya dari spectrum warna hijau ke spectrum merah. Oleh karena itu, dala batas –batas gelombang ini semua warna terlihat sama oleh orang yang buta warna ini.

Sebaliknya jika kerucut yang peka terhadap warna hijau hilang warna-warna dari hijau sampai merah hanya merangsang kerucut peka merah dan orang orang itu hanya mengindera satu warna di dalam batas-batas ini. Oleh karena itu bila seseorang kekurangan kerucut merah atau hijau dikatakan bahwa ia buta warna merah hijau.

Kelemahan biru. Kadang-kadang seseorang menderita kelemahan biru, yang disebabkan berkurang atau tidak adanya reseptor biru. Kartu tes stilling dan ishihara. Suatu metode untuk menentukan buta warna dengan cepat didasarkan pada kartu bintik-bintik. Kartu ini disusun dengan pencampuran bintik-bintik dari beberapa macam warna.

Jika orang mempelajari kartu ini dan pada saat yang bersamaan mengamati kurva kepekaan spectrum. Berbagai kerucut dengan mudah dapat dipahami bagaimana penekanan yang berlebihan dapat diberikan pada bintik dengan warna tertentu oleh penderita buta warna jika dibandingkan dengan orang normal.

BUTA SENJA (NIKTALOPIA)
Buta senja terjadi pada defisiensi vitamin A yang berat. Bila jumlah total vitamin A di dalam darah sangat berkurang, jumlah vitan A, retinal dan rodopsin di dalam sel batang, dan juga zat kimia peka cahaya berwarna di dalam sel kerucut, semuanya berkurang jadi menurunkan kepekaan sel batang dan kerucut. Keadaan ini disebut buta senja karena pada waktu malam, jumlah cahaya yang tersedia sangat sedikit untuk memungkinkan penglihatan yang memadai, meskipun di siang hari tersedia cukup untuk merangsang batang dan kerucut meskipun jumlah zat fotokimia ini berkurang. Untuk terjadinya buta senja ini, orang harus sering mempunyai diet kurang vitamin A selama berbulan-bulan, karena biasanya vitamin A disimpan dalam jumlah besar didalam hati bagi bagian tubuh lain yang memerlukannya, tetapi bila buta senja telah timbul kadang-kadang ia dapat disembuhkan sama sekali dalam waktu setangah jam atau lebih dengan suntikan vitamin A intravena. Ini disebabkan oleh cepatnya perubahan vitamin A menjadi retinal dan kemudian menjadi rodopsin.

No comments:

Cari dalam Blog ini

Artikel Terbaru

Belajar Islam Online

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP