STOP SMOKING NOW... Inilah beberapa efek buruk merokok

Cantik dengan herbal

Saturday, January 15, 2011

Anatomi Jantung

Gambar Proyeksi Jantung 
Jantung merupakan organ berongga, berotot yang terletak didalam rongga mediastinum dari ronga dada (toraks) diantara kedua paru, tepatnya di belakang tulang dada (sternum) dan 2/3 nya terletak di bagian kanan dan dua pertiganya terletak di bagian kiri dari garis tengah (midline). Proyeksi bagian kanan atas terletak di intercostal ke-3 kira-kira 3 cm ke kanan dari garis tengah. Bagian kiri atas terletak di intercostal ke-2 kira-kira 3 cm ke kiri dari garis tengah. Bagian kanan bawah terletak pada intercostal ke-6 kira-kira 3 cm ke kanan dari garis tengah. Bagian kiri bawah terletak di apex di intercostal ke -5 kira-kira 9 cm ke kiri dari garis tengah. 
Pericardium adalah membran yang mengelilingi dan melapisi jantung.dan membran ini membatasi jantung pada posisi di dalam mediastinum. Pericardium terdiri dari dua bagian yaitu fibrous pericardium dan serous pericardium. Fibrous pericardium superficial adalah lapisan keras, tidak elastik dan merupakan jaringan tebal yang tidak beraturan. Fungsi dari fibrous pericardium mencegah peregangan berlebihan dari jantung, melindungi dan menempatkan jantung dalam mediastinum. 
Serous pericardium adalah lapisan dalam yang tipis, membran yang halus yang terdiri dari dua lapisan. Lapisan parietal adalah lapisan paling luar dari serous pericardium yang menyatu dengan fibrous perikardium. Bagian dalam adalah lapisan visceral yang disebut juga epicardium, yang menempel pada permukaan jantung, antara lapisan parietal dan visceral terdapat cairan yang di sebut cairan perikadial. Cairan perikardial adalah cairan yang dihasilkan oleh sel pericardial untuk mencegah pergesekan antara membran saat jantung berkontraksi. 
Secara struktur jantung, dinding jantung terdiri dari 3 lapisan yaitu 1) Lapisan luar yang disebut epikardium atau perikardium dapat disebut juga lapisan visceral dari serous perikardium. Lapisan luar yang transparan dari dinding jantung terdiri dari mesothelium yang bertekstur licin pada permukaan jantung yang memiliki fungsi untuk melindungi dan menahan jantung pada mediastinum, 2) Lapisan tengah merupakan jaringan otot jantung yang paling tebal dari jantung dan berfungsi sebagai pompa jantung dan bersifat involunter, 3) Lapisan dalam disebut endokardium yang merupakan lapisan tipis dari endotelium yang melapisi lapisan tipis jaringan penghubung yang memberikan suatu batas yang licin bagi ruang-ruang jantung dan menutupi katup-katup jantung. Endocardium bersambung dengan endothelial yang melapisi pembuluh besar jantung. Lapisan ini berfungsi melindungi/menutupi ruang dan katub jantung. 
Berat jantung pada pria dewasa 300-350 gr, dan perempuan 250-350 gr ( 4 gr/Kg BB) dengan panjang 12 cm, lebar 9 cm, tebal 6 cm. Berat jantung tergantung dari usia, jenis kelamin, berat badan, beratnya latihan, beratnya kebiasaan fisik dan penyakit jantung. Fungsi jantung adalah memompa darah ke jaringan, menyuplai oksigen dan zat nutrisi lain sambil mengangkut karbondioksida dan sampah metabolisme. 
Terdapat dua pompa jantung yang terletak di sebelah kanan dan kiri. Jantung bagian kanan (ventrikel kanan) mendistribusikan darah menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis dan ventrikel kiri mendistribusikan darah kaya oksigen melalui aorta ke organ-organ vital termasuk jantung sendiri. 
Kerja pompa jantung dijalankan oleh kontraksi dan relaksasi ritmik dinding otot. Selama kontraksi otot (sistolik), ruang jantung (ventrikel) menjadi lebih kecil karena darah disemburkan ke luar jantung. Selama relaksasi otot dinding jantung (diastolik), ventrikel akan terisi darah sebagai persiapan ejeksi selanjutnya. Jantung dewasa secara normal berdetak sekitar 60-80/100 kali per menit dengan jumlah cardiac output sekitar 70 ml darah dari kedua ventrikel/ejeksi dan keluaran total dalam satu menit sejumlah 5 liter. 
Secara anatomi, jantung merupakan organ yang sangat terjaga dengan baik. Posisi yang dilindungi toraks, paru-paru, cairan-cairan yang terdapat pada lapisan perikardium yang melumasi permukaan dan mengurangi gesekan selama kontreaksi otot jantung. Perikardium merupakan kantung fibrosa tipis yang mempertahankan posisi jantung dan kinerja jantung agar berfungsi dengan baik.

No comments:

Cari dalam Blog ini

Artikel Terbaru

Belajar Islam Online

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP