STOP SMOKING NOW... Inilah beberapa efek buruk merokok

Cantik dengan herbal

Thursday, September 16, 2010

Ingrown Nail or we call Cantengan

Oleh : Muhammad Badrushshalih

Ingrown Nail atau paronychia atau onychocryptosis atau unguis incarnatus atau cantengan merupakan suatu keadaan dimana kuku (biasanya ibu jari) menusuk bagian jaringan di sekitar jari sehingga menyebabkan perlukaan pada daerah yang tertusuk dan terjadi infeksi. Kalau sudah infeksi tentunya akan terasa sakit, panas, bau. Awalnya saya kira ini masalah biasa, ternyata dari beberapa artikel yang didapatkan bahwa masalah ini tidak bisa dianggap sepele. Saking seriusnya, ada beberapa situs yang khusus membahas masalah yang satu ini. Sebuah situs khusus cantengan mengatakan tiga hal yang menjadi penyebab dari kuku cantengan ini, yaitu :
  1. Bentuk kuku yang sangat cembung sehingga melengkung ke dalam, pada orang-orang yang memiliki bentuk kuku seperti ini biasanya lebih sering mengalami cantengan jika mereka tidak rajin memotong kuku.
  2. Kebiasaan memotong kuku yang salah, beberapa orang ingin kukunya terlihat rapih sehingga tidak jarang mereka memotong terlalu pendek atau terlalu mepet dengan pangkal kuku, hal ini akan menyebabkan ujung lengkung kuku tumbuh kembali dengan cepat, mengarah ke bawah.
  3. Penggunaan alas kaki yang tidak tepat, sepatu yang terlalu sempit atau bentuknya yang tidak sesuai dengan anatomi kaki, dapat menekan jari-jari, memudahkan kulit tertusuk ujung kuku jari.
Masalah ini akan semakin parah ketika Anda memiliki gangguan dengan pankreas Anda alias Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi atau diabetes. Orang-orang dengan diabetes harus menjaga kesehatan kaki, karena ketika ada luka sekecil ujung jarumpun akan membuat luka Anda tidak kunjung sembuh, karena luka akan semakin melebar. Terlebih lagi ketika pertumbuhan kuku Anda memiliki masalah. Oleh karena itu, beberapa tips untuk menjaga kaki Anda tetap sehat dan bebas dari cantengan yaitu :
  1. Kebanyakan masalah kuku tumbuh ke dalam dapat dicegah dengan perawatan yang tepat dan jari-jari kaki dengan memakai sepatu yang lebih baik-pas. Cobalah untuk mengurangi tekanan pada kaki dengan memakai sandal atau dengan tidak memakai sepatu selama beberapa hari. 
  2. Hindari pemangkasan sudut kuku. Hal ini dapat mengakibatkan memburuknya dari kuku jari kaki tumbuh ke dalam. 
  3. Cobalah merendam kaki Anda dalam air hangat dua kali sehari. Rapihkan sudut kuku kaki Anda. Karena dengan merendam kuku pada air hangat mempermudah Anda merapihkan kuku Anda sebaik mungkin.
  4. Pastikan area kuku (sudut kuku) senantiasa kering. Area yang lembab/basah akan mengundang bakteri untuk berkumpul, sehingga susut kaki Anda akan terinfeksi.
  5. Apabila membutuhkan untuk merapihkan kuku kaki Anda sendiri, pastikan alat yang digunakan steril dan siapkan mental Anda, karena merapihkan kuku cantengan akan menimbulkan rasa sakit, terlebih ketika kondisi kuku Anda sudah memburuk. 

Sumber : GHI, kuku cantengan

No comments:

Cari dalam Blog ini

Artikel Terbaru

Belajar Islam Online

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP