STOP SMOKING NOW... Inilah beberapa efek buruk merokok

Cantik dengan herbal

Tuesday, January 18, 2011

Pengertian Keluarga

Menurut Duvall dan Logan (1986) yang dikutip oleh Herawati (2000:2) keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga. 

Menurut Bailon dan Maglaya (1978) yang dikutip oleh Herawati (2000:2) keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya. 

Dari kedua pengertian tentang keluarga maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik keluarga adalah : 

  • Terdiri dari dua atau lebih individu yang diikat oleh hubungan darah, perkawinan atau adopsi 
  • Anggota keluarga biasanya hidup bersama atau jika terpisah mereka tetap memperhatikan satu sama lain. 
  • Anggota keluarga berinteraksi satu sama lain dan masing-masing mempunyai peran sosial, suami, istri, anak dan adik 
  • Mempunyai tujuan; 
    1. Menciptakan dan mempertahankan budaya, 
    2. Meningkatkan perkembangan fisik, psikologis dan sosial anggota 
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 10 Tahun 1992 disebutkan bahwa keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat, yang terdiri dari suami-istri atau suami-istri dan anak atau ayah/ibu dan anak. Dalam konteks pembangunan, Indonesia bertujuan ingin menciptakan keluarga yang bahagia dan sejahtera. Keluarga sejahtera dalam UU Nomer 10 disebut sebagai keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, dan mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan materiil, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota, dan dengan masyarakat. 

Dari uraian diatas menunjukkan bahwa keluarga juga merupakan suatu sistem. Sebagai sistem keluarga mempunyai anggota yaitu : ayah, ibu dan anak atau semua individu yang tinggal di dalam rumah tangga tersebut. Anggota keluarga tersebut saling berinteraksi, interelasi dan interdependensi untuk mencapai tujuan bersama. Keluarga merupakan sistem yang terbuka sehingga dapat dipengaruhi oleh supra sistemnya, yaitu lingkungannya (masyarakat), dan sebaliknya sebagai sun sistem dari lingkungan (masyarakat), dan sebaliknya sebagai sub sistem dari lingkungan (masyarakat), keluarga dapat mempengaruhi masyarakat (supra sistem)

Click Here

No comments:

Cari dalam Blog ini

Artikel Terbaru

Belajar Islam Online

  © Free Blogger Templates Columnus by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP